Hasil Indonesia Vs Thailand Piala AFF Suzuki Cup Tahun 1998-2016

Ingin mengetahui hasil Indonesia Vs Thailand di Piala AFF Suzuki Cup dari tahun 1998 hingga 2016? Berikut ulasan pertandingan Indonesia melawan Thailand dari masa ke masa, pecinta sepak bola juga dapat mengetahui tahun berapa saja Indonesia bertemu dengan Thailand, siapa saja pencetak gol dan di babak apa saja kedua tim bertemu?

hasil-indonesia-vs-thailand

Menurut catatan yang berhasil di rangkum, khusus di piala AFF atau dulu dikenal dengan nama piala tiger, hingga tahun 2016 Indonesia Vs Thailand telah bertemu sebanyak 9 kali, babak penyisihan 4 kali, perebutan tempat ke-tiga 1 kali, semifinal 2 kali dan di babak Final sebanyak 2 kali, berikut ulasan lengkap pertemuan timnas Indonesia dengan Thailand dari tahun ke tahun di piala AFF.

Hasil Indonesia Vs Thailand (Tahun 2016) Skor Akhir 2 – 4 (Babak Penyisihan)

Pertandingan pertama Piala AFF Suzuki Cup 2016 di babak penyisihan mempertemukan antara Indonesia melawan Thailand, hasilnya Thailand sukses meraih kemenangan telak dengan skor 2-4 sekaligus mengantongi poin sempurna, sementara Indonesia dituntut harus memenangkan semua sisa pertandingan jika ingin lolos ke babak selanjutnya.
  • Pencetak Gol Indonesia : Boas Salossa (menit ke-53), Lerby Eliandry (menit ke-56)
  • Pencetak Gol Thailand : Peerapat Notchaiya (menit ke-5) Teerasil Dangda (menit ke-36, 79, 90+4)

Hasil Indonesia Vs Thailand (Tahun 2010) Skor Akhir 2 – 1 (Babak Penyisihan)

Tahun 2010 merupakan tahun kemenangan kedua kalinya timnas Indonesia atas timnas Thailand di piala AFF Suzuki Cup, hebatnya kala itu di babak kedua Indonesia sempat tertinggal terlebih dahulu, namun perjuangan timnas Indonesia yang pantang menyerah akhirnya membuahkan hasil terbaik, 2 gol Bambang pamungkas di injury time merubah kedudukan sehingga Indonesia berbalik unggul, kekalahan ini mengharuskan Thailand pulang lebih awal, sebelumnya Indonesia pernah menang pada tahun 1998, kala itu terjadi di babak perebutan tempat ke-tiga.
  • Pencetak Gol (Indonesia) : Bambang Pamungkas (menit ke-82 P, 90+1 P)
  • Pencetak Gol (Thailand) : Suree Sukha (menit ke-68)

Hasil Indonesia Vs Thailand (Tahun 2008) Babak Semifinal

Semifinal Leg 1 Skor Akhir 0 – 1

Semifinal Piala AFF Suzuki Cup tahun 2008 mempertemukan Indonesia Vs Thailand, Leg 1 Indonesia menjadi tuan rumah, pertandingan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Indonesia harus menyerah dengan skor tipis 0 – 1 gol semata wayang Thailand dicetak oleh striker andalannya Teerasil Dangda.
  • Pencetak Gol Thailand : Teerasil Dangda (menit ke-7)

Semifinal Leg 2 Skor Akhir 1 – 2

Semifinal leg ke-2 Piala AFF Cup tahun 2008 berlangsung di stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand yang unggul di leg pertama tentu ingin mempertahankan kemenangannya, namun timnas Indonesia sempat membuka harapan, gol cepat Arianto di menit ke-7 memecut semangat timnas Indonesia, tapi di babak kedua di akhir-akhir pertandingan, timnas Thailand mampu membalikan keadaan, agregat akhir adalah 1 – 3 dengan demikian Thailand berhak melaju ke babak final
  • Pencetak Gol (Indonesia ) : Nova Arianto (menit ke-10)
  • Pencetak Gol (Thailand) : Teerathep Winothai (menit 72), Ronnachai Rangsiyo (menit 88)

Hasil Indonesia Vs Thailand (Tahun 2002) Skor Akhir 2 – 2 Adu Penalti 2 – 4 (Babak Final)

Sebelum berganti nama menjadi Piala AFF Suzuki Cup pada tahun 2008 dulunya turnamen dua tahunan ini bernama Piala Tiger, nah pada tahun 2002 masih menggunakan nama Piala Tiger. Timnas Indonesia bertemu dengan timnas Thailand di babak Final, hasilnya di waktu normal kedua timnas bermain sama kuat 2-2, akhirnya adu penalti pun dilakukan, Thailand berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-4. Thailand pun berhak meraih gelar juara Piala Tiger atau Piala AFF 2002.
  • Pencetak gol (Indonesia) : Jaris Riyadi (menit 48), Gendut Doni Christiawan (menit 79)
  • Pencetak gol (thailand): Chukiat Noosalung (menit 26), Terdsak Chaiman (menit 38)
  • Pencetak gol penalti (Indonesia) : Bambang Pamungkas (gol), Sugiantoro (gagal), Firmansyah Agus (gagal), Imran Nahumaray (gol)
  • Pencetak gol penalti (Thailand) : Kiatisuk Senamuang (gagal), Sakda Joemdee (gol), Terdsak Chaiman (gol), Manit Noyvach (gol), Dusit Chalermsan (gol)

Hasil Indonesia Vs Thailand (Tahun 2000)

Babak Penyisihan Skor Akhir 1 – 4
Babak penyisihan piala tiger atau AFF antara Indonesia Vs Thailand berakir dengan kemenangan besar Thailand, skor akhir 1-4, Timnas Indonesia dibuat tak berdaya kala itu, namun Indonesia masih mampu lolos ke babak selanjutnya karena di dua pertandingan Indonesia berhasil meraih kemenangan.
  • Pencetak gol (Indonesia) : Gendut Doni Christiawan (menit 58)
  • Pencetak gol (Thailand) : Worrawoot Srimaka (menit 25 & 51), Kiatisuk Senamuang (menit 52), Dusit Chalermsan (menit 80)

Babak Final Skor Akhir 1 – 4

Masih di tahun yang sama yaitu tahun 2000, Indonesia kembali bertemu dengan Thailand, sebelumnya di babak penyisihan Indonesia kalah telak, namun apa yang terjadi? Indonesia kembali menelan kekalahan, uniknya skor akhir sama dengan skor ketika di babak penyisihan yaitu 1-4.
  • Pencetak gol (Indonesia) : Uston Nawawi (menit 19)
  • Pencetak gol (Thailand) : Worrawoot Srimaka (menit 14, 18, 32), Thanongsak Pajakkata (menit 66)

Hasil Indonesia Vs Thailand (Tahun 1998)

Babak Penyisihan Skor Akhir 2 – 3

Piala AFF tahun 1998 bernama piala Tiger, Indonesia berada satu grup dengan Thailand, walaupun kalah dengan skor tipis 2-3 namun Indonesia melaju ke babak semifinal karena di dua pertandigan sebelumnya Indonesia berhasil memenangkan pertandingan, tapi sayang baik Indonesia maupun Thailand mengalami kekalahan di babak semifinal sehingga kedua timnas ini bertemu kembali di babak perebutan tempat ketiga.
  • Pencetak gol (Indonesia) : Mirabaldo Bento (menit 53), Aji Santoso (menit 83)
  • Pencetak gol (Thailand) : Krisada Piandit (menit 63), Therdsak Chaiman (menit 86) Mersyid Effendi (menit 90,og)

Babak Perebutan Tempat Ke-3 Skor Akhir 3 – 3 Adu Penalti 5 – 4

Kekalahan Indonesia di babak penyisihan seakan tidak mau terulang lagi, dengan semangat juang Indonesia berhasil menahan imbang Thailand di babak perebutan tempat ke-tiga, skor akhirnya adalah 3-3, pertandingan pun dilanjutkan dengan adu penalti, Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 5-4, dengan demikian tempat ketiga menjadi hasil terbaik timnas Indonesia kala itu.
  • Pencetak gol (Indonesia) : Kurniawan Dwi Yulianto (menit 20), Yusuf Ekodono (menit 41, 89)
  • Pencetak gol (Thailand) : Chaisan Kewsen (menit 22), Worawoot Srimaka (menit 44), Kowit Foythong (menit 45)

Menurut data hasil Indonesia Vs Thailand dari tahun ke tahun di piala AFF atau Piala Tiger, Indonesia telah berhasil menang sebanyak 2 kali, sedangkan Thailand sukses dengan 7 kemenangan dari total 9 pertemuan khusus di piala AFF atau dulu bernama Piala Tiger, semoga kedepannya Indonesia mampu menuai prestasi yang lebih baik lagi. Dukung terus Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 lihat Jadwal Piala AFF 2016.

0 komentar:

Post a Comment