Hasil Indonesia VS Singapura Piala AFF Dari Tahun Ke Tahun

Perjalanan rekor pertemuan hasil Indonesia Vs Singapura Piala AFF dari tahun ke tahun, informasinya meliputi berapa kali Indonesia menghadapi Singapura? Berapa kali menang dan siapa pencetak gol terbanyak khusus di Piala paling bergengsi se- Asia Tenggara Piala AFF.

Menurut catatan sejarah sejak dimulainya Piala AFF pada 1996 hingga saat ini 2016 Indonesia telah bertemu dengan Singapura sebanyak 8 kali, 1 kali di babak semifinal, 2 kali di babak final (leg ke-1 dan leg ke-2) sisanya di babak penyisihan, Indonesia berhasil meraih 2 kali kemenangan, 2 kali imbang dan 4 kali kalah, sedangkan Singapura meraih 4 kemenangan, 2 kali seri dan 2 kali kalah.

hasil indonesia vs singapura
Sementara pencetak gol terbanyak antara Indonesia Vs Singapura di Piala AFF di pegang oleh pemain Singapura yaitu Indra Sahdan dan Agu Casmir sebanyak 2 gol, ingin tahu tahun berapa saja kedua timnas bertemu di Piala AFF? Berikut ulasan lengkapnya.


Indonesia Vs Singapura Piala AFF Tahun 1998

Piala AFF Babak Semifinal (Indonesia Vs Singapura Skor Akhir 1-2)

Babak semifinal Piala AFF tahun 1998 atau kala itu masih bernama Piala Tiger mempertemukan Indonesia melawan Singapura, hasilnya 3 gol terjadi pada pertandingan tersebut, uniknya ke-3 gol tersebut terjadi di babak pertama, Indonesia sempat tertinggal 2 gol, namun pada menit ke-35 Mirabaldo Bento mampu memperkecil skor menjadi 1-2, hingga pertandingan selesai baik Indonesia maupun Singapura tidak mampu menambah gol tambahan, dengan demikian hasil Indonesia Vs Singapura pada semifinal Piala AFF tahun 1998 adalah 1-2 untuk kemenangan timnas Singapura.

  • Pencetak gol (Indonesia) : Mirabaldo Bento (menit ke-35)
  • Pencetak gol (Singapura) : Rafi Ali (menit ke-16), Nazri Nasir (menit ke-30)

Indonesia Vs Singapura Piala AFF Tahun 2004

Piala AFF Babak Penyisihan (Indonesia Vs Singapura Skor Akhir 0-0)

Piala AFF tahun 2004 Indonesia tergabung di grup A bersama Singapura, Vietnam, Laos dan Kamboja, dengan demikian Indonesia bertemu kembali dengan Singapura, adapun hasil Indonesia Vs Singapura di babak penyisihan adalah 0-0 kedua tim bermain sama kuat, namun kala itu Indonesia berhasil menjadi juara grup, berkat 3 kali kemenangan dan 1 kali seri, sementara Singapura menjadi runner up Grup, Indonesia dan Singapura melangkah ke babak selanjutnya dan bertemu kembali di partai Final.

Piala AFF Babak Final Leg Ke-1 (Indonesia Vs Singapura Skor Akhir 1-3)

Final Piala AFF musim 2004 leg pertama berlangsung di stadion Gelora Bung Karno pada 8 Januari 2005, hasilnya Indonesia harus menelan pil pahit karena kalah di kandang sendiri dengan skor cukup telak 1-3, harapan Indonesia untuk menjuarai Piala AFF tahun 2004 cukup berat, pasalnya final leg kedua akan berlangsung di kandang Singapura.

  • Pencetak gol (Indonesia) : Mahyadi Panggabean (menit ke-90)
  • Pencetak gol (Singapura) : Daniel Bennett (menit ke-5), Khairul Amri (menit ke-39), Agu Casmir (menit ke-69)

Piala AFF Babak Final Leg Ke-2 (Indonesia Vs Singapura Skor Akhir 1-2)

Final leg kedua Piala AFF tahun 2004 berlangsung di stadion Kallang Singapura pada 16 Januari 2005, apa yang menjadi kekhawatiran pendukung timnas Indonesia benar-benar terjadi, pasalnya Indonesia harus menerima kenyataan pahit kembali, timnas Indonesia menyerah 1-2, total agregatnya adalah 5-2, gelar juara Piala AFF tahun 2004 pun jatuh ke tangan Singapura.

  • Pencetak gol (Indonesia) : Elie Aiboy (menit ke-76)
  • Pencetak gol (Singapura) : Indra Sahdan (menit ke-5), Agu Casmir (menit ke-40 (pen))

Indonesia Vs Singapura Piala AFF Tahun 2007

Hasil Indonesia Vs Singapura Piala AFF Babak Penyisihan Skor Akhir 2-2

Pada Piala AFF tahun 2007 Indonesia kembali berada dalam satu grup dengan Singapura, pertemuan kedua timnas tersebut tak bisa dihindari, waktu itu hasil Indonesia Vs Singapura di babak penyisihan berakhir imbang sama kuat dengan Skor 2-2, meskipun Indonesia, Singapura dana Vietnam memiliki poin sama yaitu 5 poin di akhir klasemen grup, tapi Indonesia kalah dalam peroleh jumlah gol dari Singapura dan Vietnam.

  • Pencetak gol (Indonesia) : Ilham Jaya Kesuma (menit ke-28), Zaenal Arif (menit ke-56)
  • Pencetak gol (Singapura) : Noh Alam Shah (menit ke-9 (pen)), Sahdan (menit ke-52)

Indonesia Vs Singapura Piala AFF Tahun 2008

Hasil Indonesia Vs Singapura Piala AFF Babak Penyisihan Skor Akhir 0-2

Hanya selang satu tahun dari final Piala AFF 2007, Indonesia kembali harus menghadapi Singapura di babak penyisihan Piala AFF tahun 2008, harapan untuk mengalahkan Singapura pun cukup besar, karena pertandingan di gelar di stadion Gelora Bung Karno, tapi apa yang terjadi? Indonesia masih belum mampu mengalahkan timnas Indonesia, malah justru harus menerima kekalahan kembali, hasil Indonesia Vs Singapura Piala AFF 2008 di babak penyisihan adalah 0-2.

  • Pencetak gol (Singapua) : Baihakki Khaizan (menit ke-3), Shi Jiayi (menit ke-50)

Indonesia Vs Singapura Piala AFF Tahun 2012

Hasil Indonesia Vs Singapura Piala AFF Babak Penyisihan Skor Akhir 1-0

Satu satunya kemenangan Indonesia atas Singapura hingga tahun 2014 di Piala AFF terjadi pada tahun 2012 silam, kala itu gol tunggal Andik Vermansyah menjadi satu satunya gol pada pertandingan tersebut, walaupun menang Indonesia tidak berhasil lolos ke babak selanjutnya karena kalah jumlah poin dengan Singapura dan Malaysia.

  • Pencetak gol (Indonesia) : Andik Vermansyah (menit ke-87)

Indonesia Vs Singapura Piala AFF Tahun 2016

Hasil Indonesia Vs Singapura Piala AFF Babak Penyisihan Skor Akhir 2-1

Babak terakhir penyisihan grup A Piala AFF 2016 mempertemukan Indonesia melawan Singapura, hasil Indonesia Vs Singapura tadi malam sangat dramatis, Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 2-1, Indonesia sempat tertinggal terlebih dahulu, namun di babak kedua Indonesia mampu menyamakan kedudukan hingga berbalik unggul, sementara di pertandingan lain Thailand Vs Filipina berakhir dengan kemenangan Thailand 1-0, dengan hasil tersebut maka Indonesia lolos ke babak semifinal Piala AFF 2016.

Ini terbukti bahwa apapun masih bisa terjadi di dunia sepak bola, sebelumnya peluang Indonesia lolos ke semifinal AFF Suzuki Cup 2016 sangat tipis, selain harus menang atas Singapura, nasib timnas Indonesia juga bergantung kepada hasil pertandingan Thailand Vs Filipina, jika Filipina menang maka Filipina yang lolos, namun jika Filipina kalah dan Indonesia menang atas Singapura maka Indonesia yang lolos ke semifinal bersama Thailand, lalu pada akhirnya Indonesia berhasil melaju ke babak semifinal, Selamat Indonesia Bisaaa

  • Pencetak gol (Indonesia) : Andik Vermansyah (menit ke-63), Stefano Lilipaly (menit ke-85)
  • Pencetak gol (Singapura) : Choirul Amri (menit ke-27) 

lihat => Jadwal Piala AFF 2016 Indonesia Vs Singapura.


Pencetak Gol Terbanyak Indonesia Vs Singapura Di Piala AFF


Pemain Indonesia yakni Andik Vermansyah menjadi pencetak gol terbanyak dengan 2 golnya, sementara pemain timnas Singapura yaitu Indra Sahdan dan Agu Casmir yang berhasil mencetak gol terbanyak selama Indonesia bertemu Singapura di Piala AFF masing-masing 2 gol, Berikut daftar lengkap pencetak gol Indonesia Vs Singapura di Piala AFF mulai dari pencetak gol terbanyak.

  • Andik Vermansyah (Indonesia) - (2 Gol) 2012, 2016
  • Indra Sahdan (Singapura) - (2 Gol) 2005, 2007
  • Agu Casmir (Singapura) - (2 Gol) 2005
  • Stefano Lilipaly (Indonesia) - (1 Gol) 2016
  • Baihakki Khaizan (Singapura) - (1 Gol) 2008
  • Daniel Bennett (Singapura) - (1 Gol) 2005
  • Elie Aiboy (Indonesia) - (1 Gol) 2005
  • Ilham Jaya Kesuma (Indonesia) - (1 Gol) 2007
  • Khairul Amri (Singapura) - (1 Gol) 2005
  • Mahyadi Panggabean (Indonesia) - (1 Gol) 2005
  • Mirabaldo Bento (Indonesia) - (1 Gol) 1998
  • Nazri Nasir (Singapura) - (1 Gol) 1998
  • Noh Alam Shah (Singapura) - (1 Gol) 2007
  • Rafi Ali (Singapura) - (1 Gol) 1998
  • Shi Jiayi (Singapura) - (1 Gol) 2008
  • Zaenal Arif (Indonesia) - (1 Gol) 2007

Jika dilihat dari rekor pertemuan hasil Indonesia vs Siangapura Piala AFF, Indonesia baru satu kali meraih kemenangan sedangkan Singapura telah meraih 4 kemenangan, semoga pada tahun-tahun berikutnya Indonesia mampu meraih lebih banyak kemenangan, kita do’a kan saja semoga Indonesia bisa.

Lihat Juga : Jadwal El Clasico 2016

0 komentar:

Post a Comment