Statistic Marc Marquez Raih Juara Dunia Motogp 2016

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez memastikan gelar juara dunia Motogp 2016 setelah berhasil memenangkan balapan di Motogp Motegi pada (16/10/2016) siang hari wib, keberhasilan Marquez tersebut tak luput dari kegagalan duo Yamaha Rossi dan Lorenzo yang gagal menyelesaikan balapan karena terjatuh.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo merupakan pesaing utama Marquez dalam perebutan gelar juara dunia Motogp 2016, terutama Rossi dengan raihan poin paling mendekati Marquez, namun sangat disayangkan Rossi dan Lorenzo gagal meraih satu poin pun di Motegi sebaliknya Marquez sukses mendapatkan poin sempurna, alhasil selisih poin Marquez dengan Rossi menjadi 77 poin, selisih tersebut sudah tidak mungkin dikejar oleh Rossi meskipun Rossi mampu memenangkan semua seri Motogp 2016 yang tersisa.

Keberhasilan Marquez dalam meraih gelar juara dunia Motogp 2016 tak luput dari konsisten serta kerjasama tim yang solid, meskipun musim 2016 banyak regulasi baru namun bisa dikatakan Marquez merupakan pembalap paling konsisten musim ini, total hingga Motogp Motegi Marquez telah meraih 5 kali kemenangan, ingin tahu bagaimana statistic Marquez hingga meraih juara dunia Motogp 2016? Berikut grafik dan statistic serta ulasannya.

Statistic Marc Marquez Juara Dunia Motogp 2016

Motogp Losail - Qatar (Juara ke-3)
Mengawali musim 2016 balapan berlangsung di sirkuit Losail Qatar, Marquez berhasil menyelesaikan balapan di urutan ketiga setelah bersaing ketat dengan Valentino Rossi di awal-awal lap.

Motogp Argentina (Juara Ke-1)
Marc Marquez berhasil meraih podium tertinggi di Motogp Argentina, meskipun balapan berlangsung dalam kondisi sulit namun Marquez berhasil mengatasinya, balapan dimulai dengan kondisi sirkuit yang lembab karena sebelumnya turun hujan.

Para rider memutuskan untuk memakai ban basah, sempat terjadi persaingan ketat antara Marquez dengan Rossi, namun itu hanya sesaat karena kondisi sirkuit perlahan mengering, Marquez dan Rossi pun mengganti motor dengan ban kering, selepas pergantian tersebut Marquez tak terkejar hingga akhirnya menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finish.

Motogp Austin – Amerika (Finish Ke-1)
Tren kemenangan Marquez berlanjut ke Motogp Amerika, pembalap Repsol Honda ini sangat dominan mulai dari latihan bebas, kualifikasi hingga sesi race, Marquez selalu menjadi yang tercepat.

Motogp Jerez – Spanyol (Finish ke-3)
Marc Marquez masih terus melanjutkan tren podiumnya, meski tidak berhasil mendapatkan podium pertama, namun podium ketiga sudah cukup baik untuk mengamankan poin.

Motogp Le Mans – Francis (Finish ke-13)
Marc Marquez finish di urutan ke tiga belas di Motogp Lemans setelah mengalami kecelakaan, Marquez dan Dovizioso secara bersamaan terjatuh, beruntung Marquez masih bisa melanjutkan balapan meski harus selesai di urutan ke tiga belas, ini merupakan hasil terburuk Marquez sepanjang musim 2016.

Motogp Mugello – Italia (Finish Ke-2)
Setelah mendapatkan hasil buruk di Motogp Le Mans, Marquez mampu bangkit dari keterpurukan di seri selanjutnya yaitu Motogp Mugello Italia dengan menyelesaikan balapan diurutan ke dua, sementara Rossi gagal finish karena mengalami masalah pada mesin motornya, kondisi tersebut tentu saja menguntungkan Marquez dalam menjaga persaingan gelar juara dunia Motog 2016.

Motogp Catalunya – Spanyol (Finish Ke-2)
Seri ketujuh Motogp 2016 berlangsung di sirkuit Catalunya Spanyol, Marquez lagi-lagi mampu meraih podium selesai diurutan kedua, sementara Rossi meraih podium tertinggi, dengan demikian Marquez hanya kalah 5 poin saja di sirkuit ini.

Motogp Assen – Belanda (Finish Ke-2)
Motogp Assen Belanda penuh dengan drama, faktor cuaca yang tidak mendukung mengharuskan balapan di hentikan untuk sementara, setelah cuaca memungkinkan barulah balapan dimulai kembali, Valentino Rossi yang tengah memimpin balapan harus keluar lebih awal karena terjatuh.

Kondisi tersebut lagi-lagi menguntungkan Marquez, selepas Rossi terjatuh Marquez mengambil alih pimpinan namun sayang di akhir-akhir balapan Jack Miller sangat cepat sehingga berhasil mendhului Marquez dan menjadi juara.

Bagi Marquez finish kedua merupakan hasil terbaik karena pesaing terdekatnya yakni Rossi tidak berhasil mendapatkan poin, Marquez pun semakin kokoh di puncak klasemen sementara Motogp 2016.

Motogp Sachsenring – Jerman (Finish Ke-1)
Sama dengan Motogp Assen, Sachsenring pun dipenuhi dengan drama, dalam kondisi basah para rider harus menjalani balapan, keberuntungan lagi-lagi menaungi Marquez, sempat tergelincir keluar lintas dan hampir saja terjatuh namun Marc berhasil kembali lagi kelintasan kemudian langsung mengganti Motor menggunakan ban kering.

Strategi Marquez tersebut rupanya sangat tepat karena kondisi sirkuit terus mengering, alhasil Marquez pun meraih kemenangan ke tiganya di musim 2016.

Motogp Austria (Finish Ke-5)
Walaupun selesai di urutan ke lima namun Marquez tetap kokoh di puncak klasemen karena pesaing terdekatnya, yakni Rossi finish di urutan ke empat.

Motogp Brno – Ceko (Finish Ke-3)
Strategi mulai diterapkan pada seri ini, sadar akan sulit meraih kemenangan Marquez tampil tenang tidak terlalu berambisi meraih kemenangan, namun demikian dia masih berhasil meraih podium selesai diurutan ketiga.

Motogp Silverstone – Inggris (Finish Ke-4)
Motogp Silverstone memperlihatkan aksi luar biasa, persaingan ketat antara Marquez dengan Rossi dilanjutkan Marquez melawan Calcrutchlow memberikan hiburan paling menegangkan bagi pecinta Motogp, keberuntungan kembali didapatkan oleh Marquez, dua kali keluar lintasan namun berhasil menyelesaikan balapan di urutan ke empat.

Motogp San Marino – Misano (Finish ke-4)
Marc Marquez 2016 terlihat membalap dengan penuh strategi, dia seakan tahu kapan harus menang dan kapan harus mengalah, seperti halnya di San Marino Marquez lebih memilih bertahan ketimbang harus memaksakan diri, finish ke empat sudah cukup memuaskan bagi Marquez.

Motogp Aragon – Spanyol (Finish ke-1)
Tak mau terus-terusan dipangkas poinnya oleh Rossi, Marquez tampil maksimal di Motogp Aragon, hasilnya podium tertinggi pun diraih oleh Marquez sekaligus menjauhkan kembali jarak poin, peluang juara dunia Motogp 2016 pun semakin terbuka lebar.

Motogp Motegi – Jepang (Finish ke-1)
Mungkin Motogp Motegi 2016 merupakan momen yang tak bisa dilupakan oleh Marquez, Pembalap Repsol Honda tersebut tak menyangka akan meraih podium tertinggi, terlebih kedua pesaing nya yaitu Rossi dan Lorenzo tidak dapat menyelesaikan balapan karena terjatuh, alhasil jarak poin menjadi 77 poin dengan menyisakan tiga seri lagi, tidak mungkin perolehan poin Marquez bisa dikejar.

Melihat statistic di atas, Marc Marquez meraih gelar juara dunia Motogp 2016 tidak semudah yang dibayangkan, diperlukan kerja keras, strategi tepat serta kerja sama tim yang solid, itu semua telah dibuktikan oleh Marquez di musim 2016 ini, total Marquez telah meraih 5 kemenangan dan 11 kali naik podium untuk bisa menjadi juara dunia. Selamat kepada Marc marquez telah berhasil meraih world Champion Motogp 2016.

0 komentar:

Post a Comment